Kamis, 27 Desember 2018

Nadiem Makarim : Inovator Harus Percaya dan Yakin Idenya Bisa Berhasil !


Oleh : Bambang Haryanto

Nadiem Makarim. Foto : The Strait Times


Kita patut bangga. 
Ada dua tokoh yang terpilih dari Indonesia.   

Totalnya ada 19 tokoh pilihan surat kabar utama Singapura, The Strait Times, yang menurutnya  patut diamati kiprahnya di tahun 2019 mendatang. Ada nama Donald Trump, putra mahkota Saudi Arabia Muhammad bin Salman, Kim Jong Un yang pemimpin Korea Utara, PM Malaysia Mahathir Mohamad, sampai Theresa May yang PM Inggris.   

Dari Indonesia adalah Presiden Joko Widodo dan pendiri Gojek, Nadiem Makarim. Presiden Joko Widodo dipilih sebagai tokoh, tentu, hal ini terkait dengan perhelatan besar kita pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Pemilihan umum serentak, termasuk pemilihan dan wakil rakyat.  Tetapi bagaimana tentang Nadiem Makarim ?

Lulusan Harvard Business School tahun 2011 dikisahkan mengenai valuasi perusahaan taksi sepeda motor Gojek dan bisnis turunannya, sebesar 5 milyar dollar AS pada bulan Januari 2018. Tahun depan, Gojek direncanakan akan merambah ke Vietnam, Thailand dan Filipina. Gojek akan bertarung melawan jasa serupa, Grab, yang sekarang menjadi pemimpin pasar di Singapura.

Ditertawakan

Gojek disebut sebagai perusahaan digital unicorn karena kesuksesannya yang fenomenal. Padahal, ketika mengilas balik, Nadiem  ketika mempresentasikannya di depan para calon pemodal, tidak sedikit dari mereka yang menertawakan idenya. Ia bersikukuh. Sebagaimana dikutip oleh SWA, bahwa “Semakin banyak orang yang bilang ide ini tidak mungkin terjadi, saya malah semakin percaya berarti sangat mungkin terjadi,” jelasnya.

Nadiem mengungkapkan satu hal yang dimiliki seorang inovator adalah dia harus percaya dan yakin idenya bisa berhasil, baru kemudian bisa menarik orang lain untuk ikut percaya, “Kalau kita sendiri tidak yakin dengan ide sendiri, bagaimana orang lain mau percaya ide itu bisa berhasil?” jelasnya. “Tantangan pertama inovator itu adalah harus tahan berkali-kali mendengar orang bilang ide itu tidak mungkin berhasil," ia menambahkan.

Nasehat Nadiem tersebut sudah seharusnya dicamkan oleh para pencari kerja. Karena kegigihan dia dalam menjual gagasan itu bisa ditiru para pencari kerja yang ketika melamar pekerjaan tidak lain adalah menjual produk yang paling berharga di dunia, yakni dirinya sendiri.

Untuk meraih sukses, Anda sebagai pencari kerja harus memahami kelebihan produk Anda tersebut, dari karakter sampai keterampilan,  dibandingkan dengan produk yang lain, yaitu mereka yang sama-sama berkompetisi memperoleh pekerjaaan. Kegagalan berkali-kali seperti yang dialami Nadiem, dapat juga sebagai inspirasi untuk membangun tekad dan keteguhan hati, untuk terus gigih berusaha. Sampai berhasil !

Selamat berburu pekerjaan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar