Sabtu, 15 Desember 2018

Berpikir Kritis : Pegangan Hidup Anda di Era Sarat Ketidakpastian

Oleh : Harry Kawilarang



Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis kita dengan 9 cara. Kebiasaan ini merupakan kekuatan bagi diri kita untuk bersikap tegas dalam mengambil keputusan.

Hidup kita hanyalah hasil dari pikiran dan keputusan kita. Karena itu, jika kita meningkatkan kualitas dari apa yang kita pikirkan, hidup kita dapat berubah menjadi lebih baik. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan meningkatkan keterampilan berpikir kritis kita. Berpikir kritis adalah proses penalaran sehingga dapat menganalisis suatu ide. Ini melibatkan menggali lebih dalam untuk tujuan mencapai potensi penuh kita dalam hidup, dengan kata lain, itu adalah proses berpikir yang lebih baik.

Jika kita ber disiplin, termotivasi dan siap untuk berkembang, berikut ini adalah cara meningkatkan keterampilan berpikir kritis kita.

Jangan berasumsi, tetapi selidiki
Dalam kehidupan kita sehari hari, kita membuat banyak asumsi tentang hampir semua hal. Otak kita dirancang sedemikian rupa sehingga membuat asumsi-asumsi ini untuk tujuan memproses informasi. Membuat asumsi adalah bagian penting dari kerangka kerja otak kita. Namun, asumsi-asumsi ini bisa salah atau tidak akurat. 

Berpikir kritis mengharuskan kita tidak membuat asumsi apa pun. Ini juga menuntut bahwa setiap asumsi didekonstruksi dan diperiksa untuk relevansi dan kebenaran. Asumsi dapat dianalisis dengan menanyakan 'mengapa?'. Melakukan hal ini meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir secara kritis dan menghasilkan kesimpulan dengan kualitas yang lebih tinggi.

Selidiki sebelum Anda menerima informasi apa pun sebagai benar
Selama kegiatan sehari-hari, kita dibombardir dengan informasi. Itu berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan tidak dapat dipercaya. Oleh karena itu, kami hanya menempatkan informasi yang kami dapatkan ke dalam salah satu pasangan kategori sebelumnya. Melakukan hal ini menghemat waktu dan energi yang diperlukan untuk memeriksa informasi lebih dekat. 

Sayangnya, itu juga membuat kita menerima informasi sebagai dapat dipercaya sementara itu bisa salah. Hanya karena sesuatu telah dipublikasikan atau disiarkan di media tidak berarti itu benar. Berpikir kritis menuntut bahwa kita sampai ke bagian bawah informasi ini untuk menentukan sifat validitasnya.

Pertanyakan semuanya
Untuk berpikir kritis, kita harus siap mempertanyakan segala sesuatu secara harfiah. Anda harus mempertanyakan berita apa pun yang Anda peroleh, pernyataan yang dibuat oleh figur otoritas dan juga apa yang diajarkan kepada Anda. Membuat pertanyaan adalah salah satu kegiatan fondasi dalam pemikiran kritis. Pertama, temukan pertanyaan yang harus Anda tanyakan dalam setiap situasi. Kedua, cari tahu bagaimana mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini sedemikian rupa sehingga Anda mendapatkan jawaban yang konstruktif. Ini pasti akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis Anda.

Pahami bias pribadi
Bias adalah kesimpulan yang kita buat tentang dunia di sekitar kita berdasarkan penilaian kita sendiri. Menurut penelitian, penilaian kita kadang-kadang bisa sangat menyesatkan, lemah dan dengki. Ini dapat menghasilkan kesimpulan yang sangat tidak akurat tentang orang lain atau hal-hal lain. Jika sepotong informasi tertentu merusak harga diri seseorang atau menodai ego, maka itu dapat diambil secara negatif atau memberikan bias negatif bahkan jika itu membantu. 

Oleh karena itu, untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis Anda sepenuhnya, Anda perlu mengidentifikasi bias Anda dan memeriksanya, ini akan menghasilkan narasi berkualitas lebih tinggi.

Rencanakan banyak langkah di depan teman-teman kita
Kita bisa menganggap hidup sebagai permainan catur. Agar berhasil, kita harus merencanakan banyak langkah di depan lawan kita. Berpikir kritis melibatkan bentuk pemikiran ini. Tidak cukup hanya berpikir dua atau tiga langkah ke depan. Kita harus merencanakan dan menyusun strategi sebanyak mungkin langkah ke depan. Pikirkan berbagai macam masa depan yang dapat kita hadapi. Melakukan ini membantu bagi kita mengantisipasi kemungkinan tantangan dan bersiap untuk mereka. Dengan demikian, keterampilan berpikir kritis kita meningkat.

Identifikasi tujuan utama saat kita membuat keputusan 
Setiap kali kita membuat keputusan dalam hidup, ada tujuan khusus yang melekat pada diri kita. Ada tujuan untuk keputusan yang kita buat. Tujuan ini sangat berguna sebagai panduan untuk pemikiran dan tindakan seseorang. Pastikan bahwa tujuan kita jelas. Masukkan kata-kata itu dan biarkan itu menjadi titik awal kita untuk bersikap. Setelah itu, pikirkan dan buat keputusan yang selaras dan sesuai dengan tujuan kita. Dengan cara ini, kita dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis kita.

Pikirkan tentang konsekuensi dari tindakan yang kita ambil.
Setiap tindakan memiliki reaksi yang sama dan berlawanan. Tindakan kita adalah hasil dari keputusan kita. Adalah mungkin untuk memprediksi atau memperkirakan hasil yang mungkin. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah menempatkan diri pada posisi para pemangku kepentingan yang akan terpengaruh oleh mereka. Periksa bagaimana mereka bisa merasakan atau bereaksi sebagai tanggapan terhadap keputusan kita. Ini membantu kita bersiap untuk hasil apa pun. Kita dapat membuat cadangan rencana yang mencakup segala kemungkinan dari keputusan kita.

Tetap sadar akan proses yang terjadi di pikiran kita
Proses pemikiran manusia sangat mencengangkan. Otak adalah salah satu struktur paling kompleks yang dikenal manusia. Kami berpikir dalam banyak cara. Salah satunya adalah melalui heuristik. Ini adalah proses membuat jalan pintas mental untuk memproses banyak informasi dengan sangat cepat. Metode ini efektif ketika kita terlibat dalam acara langsung seperti olahraga atau membela diri. Namun, heuristik tidak dapat diandalkan dari sudut pandang pemikiran kritis. Ini karena mereka menelusuri informasi tanpa melihat lebih dalam. 

Heuristik juga sangat dipengaruhi oleh bias. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan berpikir kritis kita dengan mengidentifikasi ketika Dengan menggunakan heuristik, kita untuk berpikir dan beralih ke pemikiran yang lebih komprehensif. 

Lihatlah bukti dari rantai pemikiran sebelumnya. 
Ketika berpikir kritis, kita tidak harus menemukan kembali roda. Setiap masalah yang kita hadapi atau coba pecahkan kemungkinan besar telah dipecahkan oleh orang lain sebelum kita tiba di tempat kejadian. Untuk melewatinya lebih cepat dan lebih berhasil, cukup periksa untuk melihat hasil dari mereka yang datang sebelumnya. Gunakan mereka untuk membimbing keputusan kita dan ini akan menunjukkan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik. 

Harry Kawilarang
Mengambil hikmah
Penting berpikir kritis secara signifikan meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam upaya kehidupan. Anda dapat memperoleh hasil yang jauh lebih sukses ketika Anda berpikir dengan cara ini. Langkah-langkah di atas dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan berpikir kritis. 

Pelajari dan terapkan mereka dan Anda akan mengamati peningkatan yang ditandai dalam kualitas hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar