Senin, 17 Juni 2019

Inspirasi Karier Masa Kini A la Eden Hazard Untuk Anda

Oleh : Bambang Haryanto

Eden Hazard
Klub Manchester City kembali menjadi juara Liga Inggris 2018-2019. Saya ingat refrain lagu "Hey Jude" - nya The Beatles menggema di stadion saat ManCity jadi juara tahun 2012 silam. Lagu itu punya sejarah, menjadi hit di tahun 1968 dan saat itu pula ManCity menjadi juara. 

Namun ada kabar agak mengejutkan, ada pemain sayapnya Leeroy Sane akan pulang ke Jerman. Digoda untuk pindah ke klub raksasa Bavaria, Bayern Muenchen, yang ditinggal pensiun duo pemain sapit urang-nya yang sakti, Arjen Robben dan Frank Ribery. 

Kabar lain gelandang serang kreatif dari Chelsea, Eden "The Snake" Hazard,  dan jenderal lapangan tengah Manchester United, Paul "Pak Haji" Pogba, akan sama-sama cabut untuk berlabuh di San Bernabeau, markas Real Madrid,  Spanyol. Konon, Mo Salah dari Liverpool, akan menyusul. 

"From climbing to hopping : the contingent job and post-entrepreneural career," adalah bab dari bukunya Rosabeth Moss Kanter untuk bisa menjelaskan bagaimana pola karier para pesepakbola sohor itu kini semakin hot di era serba disrupsi masa kini. 
 
Dalam buku klasiknya,When Giants Learn to Dance (1989) Kanter menandaskan bahwa meniti karier dengan pola menapaki anak tangga, dimana semakin bertambahnya umur dan pengalaman akan otomatis mendorong seseorang sampai ke puncak karier, merupakan konsep yang usang di jaman VUCA (kredit untuk Pak Peter Febian, teman berbagi cerita di LinkedIn, yang banyak menjelaskan hal ini) masa kini. 

Untuk survive dalam meniti karier masa kini, orang harus memiliki keterampilan portable yang bisa dia bawa untuk melakukan job-hopping, dalam sepanjang hidupnya. 

Merujuk realitas itu maka keterampilan berburu pekerjaan yang andal adalah keterampilan default Anda, kini dan nanti,  dan nanti. 

Siapa tahu, perjalanan karier pesepakbola profesional seperti Sane, Hazard, Pogba, Robben dan Ribery, bisa menginspirasi Anda untuk terus mengasah keterampilan profesional Anda sehingga selalu up to date sehingga dibutuhkan oleh pasar kerja dimana pun Anda ingin bekerja. 

#berburupekerjaan
#jobhopping
#koneksiitukunci 
#vuca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar